Selasa, 17 Januari 2012

PERAN PAKAN MURAH PADA BEBEK

Bebek atau Itik merupakan jenis unggas yang paling mudah perawatannya, artinya jenis pakannya sangatlah fleksibel, diberi makan apapun pokoknya jenis makanan yang tidak basi, mereka mau saja. bebek atau itik ini juga tidak gampang mati jika terserang penyakit atau virus unggas. tetapi populasi itik/ bebek tidaklah sebanyak populasi jenis unggas lainnya, terutama jika dibandingkan dengan ayam, padahal dari sisi telur, daging dan tingkat kematian bebek lebih unggul daripada ayam. dan jarang dari peternak yang mengembangkan ternak itik secara intensif, kebanyakan dari peternak melakukannya secara tradisional, dan sangat beda dengan itik/bebek.

adapun macam jenis pakan yang bisa diberikan ke bebek sangatlah bervariasi, misalnya saja, bebek bisa diberi makan dedak, nasi kering, ampas ketela, ampas tahu, roti kedaluwarsa, jagung dsb yang pada dasarnya untuk pemenuhan karbohidrat atau makanan utama dari bebek, sedangkan untuk kebutuhan protein, bebek bisa diberi makan dari mulai jenis ikan- ikanan, ataupun jenis olahan ikan 

(tepung ikan), keong mas, kerang, kepala udang, kremis, kupang, kepiting, ataupun jenis pakan konsentrat dari pabrik. semua itu memberikan variasi terhadap ransum dari itik.

lantas kenapa dedak?, jawabannya adalah sederhana, dan sekali lagi adalah berdasar pada pengalaman penulis. peran dedak sangatlah penting, terutama untuk bebek petelur, meskipun untuk bebek pedaging/ potong peran tersebut juga tidak kalah pentingnya. peran tersebut adalah bahwa dedak atau katul berguna untuk menambah nafsu makan dari itik, ini sangat penting terhadap keberlangsungan produksi telur setiap hari, kenapa demikian?, karena jika nafsu makan itik bagus, maka itik akan cenderung gemuk, dari dari sini bisa memberikan kontribusi terhadap produktifitas telur. sebaliknya jika tanpa dedak, sehingga nafsu makan berkurang, menjadikan ternak kurus, hasil akhirnya tentu menurunkan produktifitas telur. hal ini sudah dibuktikan oleh penulis, oleh sebab itu maka jika kita dapati dalam suatu daerah terdapat makanan utama untuk itik taruhlah roti kedaluwarsa dalam jumlah besar dan murah, maka sebaiknya tetap diberikan campuran dedak/katul paling tidak 25% dari seluruh ransum yang diberikan kepada ternak, diharapkan campuran dedak terhadap ternak dapat menjaga nafsu makan ternak, sehingga keberlangsungan usaha tetap bertahan dan diharapkan maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar